SOLIDARITAS: Apa dan Mengapa

Program-program dan rencana pembangunan di Indonesia, baik yang diprakarsai oleh lembaga pemerintah maupun non pemerintah, dalam dan luar negeri, tumbuh dan berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Program-program tersebut lahir dan dirancang untuk mendorong proses transformasi masyarakat ke arah kehidupan yang lebih sejahtera, adil, terbuka, dan demokratis.

Profil-1ADalam praktik kita menyaksikan tidak semua program pembangunan berjalan mulus meraih tujuan-tujuan yang telah direncanakannya. Sebagian program berhasil, tetapi tidak sedikit juga program yang gagal, salah sasaran, atau mandeg di tengah jalan. Salah satu sumber kegagalan program pembangunan tersebut adalah kuatnya kecenderungan para perencana dan praktisi pembangunan untuk menggunakan pendekatan serba tunggal, teknokratis, pasti dan serba bisa diprediksi. Desain program yang mereka rancang cenderung tidak mampu mengakomodasi perubahan dan dinamika masalah kemasyarakatan yang semakin kompleks.

SOLIDARITAS meyakini bahwa para perencana program pembangunan sudah seharusnya mengambil jalan dan pendekatan baru untuk menangani kecepatan dan kompleksitas masalah-masalah tersebut. Rencana pembangunan seharusnya mampu mengakomodasi perubahan, lentur, dan mudah diadaptasi.

Tetapi perbaikan terus-menerus terhadap arah dan kualitas program membutuhkan sejumlah prasyarat, diantaranya adalah:

  1. Kesediaan perencana pembangunan harus mengembangkan semangat pembelajaran dan perbaikan Profil-2Aterus-menerus (continous improvement) terhadap program-program yang dijalankannya, sehingga mampu menemukan cara-cara baru yang lebih adaptif dengan konteks dan masalah yang hendak dipecahkannya;
  2. Ketersediaan data, informasi, dan evidence yang kredibel yang bisa dijadikan sebagai basis bagi para perencana pembangunan untuk bisa secara cepat mengubah atau menemukan inovasi atau solusi baru yang lebih efektif dan tepat guna.

S-Pyramid-4DSesuai dengan namanya, SOLIDARITAS yang merupakan akronim dari SOLusi, Informasi, DAta, Riset, Inovasi, dan kualiTAS, kami bekerja dengan spirit utama menyebarluaskan semangat pembelajaran untuk perbaikan berkelanjutan dan peningkatan kualitas program, serta menyediakan data dan informasi akurat yang dihasilkan melalui proses riset dan inovasi sehingga mampu memberikan solusi kreatif atas problem-problem pembangunan. SOLIDARITAS didirikan untuk melayani lembaga-lembaga perencana dan pemrakarsa pembangunan, baik pemerintah maupun non pemerintah, dalam dan luar negeri, atas kebutuhan data dan informasi pembangunan yang berkualitas dan kredibel. Karena dibangun melalui proses riset dan inovasi yang ketat, data dan informasi yang dihasilkan SOLIDARITAS diharapkan mampu memberikan solusi yang nyata, bukan sekedar referensi yang bisu atau angka-angka statistik yang mati.

Profil-3ASOLIDARITAS juga berarti kebersamaan, keterlibatan, dan keterikatan yang kuat. Ini adalah prinsip kerja kami dalam melayani mitra-mitra pembangunan. Tidak hanya melalui riset yang kuat, data dan informasi yang kami hasilkan selalu diupayakan dibangun berdasarkan kebutuhan, kolaborasi yang intens, dan keterlibatan aktif para mitra. SOLIDARITAS meyakini solusi paling efektif hanya bisa dibangun melalui pemahaman bersama dengan perencana dan pelaku pembangunan itu sendiri.

Informasi Lanjutan

Pandangan SOLIDARITAS tentang peranan manajemen program, kedudukan monitoring dan evaluasi, posisi riset dan inovasi, dan dukungan informasi yang akurat bagi pengembangan kualitas program pembangunan kami tuangkan dalam “teori perubahan” yang secara diagramatik digambarkan sebagai berikut: