Jeda Sejenak untuk Lari Lebih Kencang

Bagian pertama dari seri tulisan Memfasilitasi Refleksi Kinerja Indonesia Mengajar: Lima Hari Perjalanan SOLIDARITAS di Kabupaten Bima

Sudah lima tahun Indonesia Mengajar (IM) bekerja, bekerja dan bekerja menggairahkan iklim pendidikan di banyak daerah terpencil. Salah satu lokasi sasaran IM adalah daerah-daerah terpencil di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Di setiap lokasi, IM mengirimkan tenaga pengajar muda, mendampingi proses pembelajaran di sekolah-sekolah daerah tertinggal, membangun komunitas belajar di sekitar sekolah, dan memediasi relasi sekolah dan penentu kebijakan pendidikan di kabupaten.

Setelah lima tahun bekerja, Indonesia Mengajar merasa perlu melakukan yang kami sebut sebagai performance reflection: berhenti sejenak, mengambil jeda, mengumpulkan informasi dari lapangan, menarik pembelajaran, berefleksi, dan memeriksa kembali apa yang sudah berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan untuk bisa bekerja lebih efektif di masa depan.

SOLIDARITAS dipercaya IM untuk memfasilitasi performance reflection ini. Selama 5 hari, 13-18 Maret 2016 SOLIDARITAS mengirimkan dua peneliti Mark Fiorello dan Dwi Joko Widiyanto untuk memfasilitasi proses ini. Di lapangan mereka melakukan observasi, wawancara mendalam, dan diskusi-diskusi informal dengan banyak aktor yang terlibat dalam program Indonesia Mengajar.

Kami akan menurunkan catatan perjalanan mereka, semacam field notes diary, untuk Anda. Selamat membaca dan ikut belajar dan refleksi!