Meningkatkan Kinerja Program melalui M&E

Bahasa:
Bahasa Indonesia

Durasi:
4 hari

Waktu:
27-30 November

Lokasi:
Jakarta

Harga dan diskon:

Biaya pelatihan adalah Rp. 6,500,000, yang termasuk kopi, snack dan makan siang, buku berisi materi ajar yang bisa dibawa pulang, sertifikat pelatihan, dan konsultasi individu selama 1 jam dengan tim pelatih setelah pelatihan selesai.

Diskon berlaku untuk peserta yang dibiayai oleh LSM Indonesia, universitas, dan lembaga pemerintah.

Info lengkap mengenai skema beasiswa (termasuk formulir aplikasinya) dapat dilihat di dokumen ini.

Di tengah makin langkanya sumber dana, penting bagi sebuah organisasi untuk melaporkan pencapaian dan kemajuan programnya berdasarkan bukti-bukti. Tapi, yang lebih penting lagi adalah penggunaan informasi demi melakukan perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement) dalam rangka meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan kesuksesan dalam jangka panjang. Dengan demikian, akan semakin banyak kabar baik yang dapat dilaporkan kepada pemberi dana dan pemangku kepentingan lain.

Pelatihan intensif ini dirancang untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan konsep-konsep fundamental monitoring dan evaluasi (M&E), yang berguna dalam pengelolaan program dan berorientasi pada pembelajaran. Peserta berkesempatan menerapkan langsung konsep dan metode yang dikembangkan dari pengalaman Clear Horizon (Australia) dan SOLIDARITAS selama bertahun-tahun dalam membangun berbagai sistem M&E dan melakukan berbagai evaluasi yang berfokus pada penggunaan hasilnya. Pelatihan bersifat interaktif, di mana peserta didorong untuk membawa kasus yang bisa dipelajari dan dikerjakan dalam kelompok selama pelatihan.

Target Pelatihan

Di akhir pelatihan, tiap peserta diharapkan mampu untuk:

  • Memahami konsep dan istilah kunci dalam monitoring dan evaluasi
  • Memahami cara monitoring dan evaluasi berkontribusi bagi perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement)
  • Memahami konsep logika perubahan, termasuk penggunaannya untuk memperjelas hasil dan strategi program
  • Mendefinisikan ruang lingkup sebuah rencana M&E yang komprehensif
  • Mengembangkan draf rencana monitoring berbasis logika program
  • Mengembangkan draf rencana evaluasi program, termasuk dengan mengembangkan sejumlah pertanyaan kunci (key evaluation questions)
  • Mengidentifikasi strategi-strategi terkait pelaporan dan pembelajaran

Target Partisipan

Pelatihan yang diselenggarakan Clear Horizon dan SOLIDARITAS ini ditujukan untuk praktisi mid-level yang ingin membangun sistem M&E yang efektif guna mengukur kinerja proyek, program, atau organisasi, atau manajer program yang ingin mengaplikasikan pendekatan yang lebih berorientasi pada kinerja dan berbasis bukti.

Untuk informasi lebih detail tentang pelatihan ini, silakan klik di sini.

Mantap! Bagaimana saya bisa ikut?

Silakan isi form ini atau kirim email ke training@solidaritas.com